Cek Fakta: Tidak Benar BRI Mengganti Biaya Transaksi dengan Biaya Bulanan

Sebuah surat beredar mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia mengumumkan kepada nasabah bahwa terdapat pembaharuan dari layanan Bank BRI.

“Untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan nasabah bertransaksi dari bank BRI mobile/internet banking. Mulai nanti malam ketika pergantian hari dan tanggal, untuk seluruh biaya transaksi diubah menjadi biaya bulanan,” tulis surat itu.

Untuk biaya transaksi yang sama Rp 6500/pertransaksi, diganti dengan biaya yang baru Rp 150.000/perbulan (Autodebit dari rekening tabungan), untuk unlimited transaksi. Sementara untuk perubahan skema tariff dalam tahap percobaan untuk 6 bulan ke depan.

Isi surat itu melanjutkan, dengan ini kepada bapak/ibu nasabah Bank BRI untuk persetujuannya ataupun konfirmasi disini nasabah:

1. Apakah setuju dengan tariff baru per bualan Rp 150.000 atau
2. Jika tidak setuju dan tetap mau menggunakan tariff yang lama Rp 6.500/pertransaksi dikarenakan jarang bertransaaksi. Dan untuk konfirmasi silakan isi formulir yang dikirimkan. Pastikan semua data di isi semua dengan benar.

N.B jika bapak/ibu tidak ada konfirmasi maka dianggap setuju. Ada penagihan setiap bulannya Rp 150 ribu dari rekening tabungan BRI. Adanya transaki atau tidak tetap akan dipotong.

Pemeriksaan Fakta
Terkait dengan beredarnya informasi yang mengatasnamakan BRI tersebut, disampaikan beberapa hal sebagai berikut: BRI hanya menggunakan saluran resmi website sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman:

web: www.bri.co.id
IG: @bankbri_id
Twitter: bankbri_id, kontakbri, promo_BRI
FB: Bank BRI
Youtube: Bank BRI

BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user dan password internet banking, OTP, dsb.) melalui tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BRI menghimbau kepada seluruh nasabah untuk waspada kepada segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Info lebih lanjut, dapat mengunjungi Kantor BRI terdekat atau menghubungi Contact BRI 14017/1500017.

Add a Comment

Your email address will not be published.