Busana Muslim dengan Kapas Amerika Serikat Jadi Alternatif Pakaian yang Nyaman Bagi Pengguna Hijab

Tidak bisa dipungkiri jika industri busana muslim di Indonesia berkembang begitu cepat. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas adalah beragam muslim, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang besar untuk industri busana muslim itu sendiri.

Pada Oktober 2021, pemerintah Indonesia berusaha mendorong industri busana muslim di Indonesia dengan merencanakan dua inisiatif. Di antaranya untuk mempromosikan Indonesia sebagai pusat industri busana muslim dunia dan untuk mengembangkan lebih luas ekspor kain dan garmen busana muslim dari Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Penggunaan material kain yang nyaman menjadi salah satu upaya untuk memajukan industri busana muslim di Indonesia. Cotton Council International pun memperkenalkan serat kapas dari Amerika Serikat untuk mendukung pertumbuhan industri busana muslim di Indonesia dengan mendorong penggunaan kapas AS.

“Komitmen dan konsistensi kami dalam memberikan nilai tambah bagi industri tekstil secara global — tidak terkecuali di Indonesia — senantiasa kami wujudkan melalui berbagai inisiatif,” kata Dr. Andy Do, Perwakilan CCI di Indonesia.

Manfaat dari kapas Amerika Serikat

Melihat potensi pasar industri busana muslim di Indonesia yang begitu besar, sehingga dapat ditingkatkan untuk bisa menghasilkan pendapatan ekspor yang tinggi di masa depan. Dengan menggunakan bahan yang nyaman dan ramah lingkungan diharapkan bisa menarik perhatian dunia akan busana muslim di Indonesia.

Ini menjadi kali pertama CCI memperkenalkan Cotton USA ke industri busana muslim di Indonesia. Tekstil yang terbuat dari kapas ini memiliki kualitas bahan yang baik, nyaman, dan tahan lama. Terutama bagi pengguna hijab penting untuk menggunakan pakaian yang nyaman untuk digunakan di tengah iklim Indonesia yang tropis.

Material kapas Amerika Serikat menjadi alternatif tekstil yang ramah lingkungan. Sehingga mendorong masyarakat untuk lebih mengenal gaya hidup ramah lingkungan

Program lisensi untuk pelaku industri di Indonesia

Penggunaan material kapas pada busana muslim memiliki sifat yang breathable sehingga tidak membuat penggunanya gerah meski digunakan seharian. Selain itu, material kain dari kapas tidak mengharuskan pengguna busana muslim untuk melakukan perawatan khusus.

Tidak sekadar memperkenalkan kapas Amerika Serikat kepada industri fashion di Indonesia, CCI juga mempromosikan empat grup tekstil Indonesia dan satu desainer, yang menggunakan kapas AS berkualitas tinggi dan berkelanjutan saat memproduksi kain dan garmen muslim mereka untuk pasar domestik dan ekspor.

Selain itu, CCI juga akan memberikan program lisensi dari COTTON USA kepada pabrik tekstil Indonesia di sepanjang rantai pasokan dan ritel. Tujuannya untuk menjaring pembeli baru, memahami tren mode terbaru di industry fesyen dan tekstil, dan untuk mendapatkan keuntungan dalam penggunaan kapas AS. Program COTTON USA SOLUTIONS menawarkan bantuan teknis dari ahli secara gratis kepada pabrik pemintalan Indonesia yang merupakan pemegang lisensi COTTON USA dan/atau anggota.

Add a Comment

Your email address will not be published.